05 Agustus 2024

IDE ITINERARY LIBURAN KE MALAYSIA SELAMA 5 HARI SUPAYA LEBIH EPIC!

Kita semua sudah tahu lah yah kalau berlibur ke luar negeri budgetnya jauh lebih murah dibanding liburan di negeri sendiri. Tapi kita ga boleh terkecoh loh! Harga tiket pesawat ke luar negeri memang lebih murah tapi untuk harga akomodasi, experience dan makanan biasanya jauh lebih mahal.

Oleh karena itu, kita harus bijak menentukan negara apa yang mau kita kunjungi. Jangan sampai sudah hunting tiket pesawat murah tapi malah semakin bokek karena harus menyiapkan budget lebih untuk biaya-biaya tak terduga lainnya.

Tapi tenang aja fren, liburan ke luar negeri ga melulu harus yang jauh-jauh kok. Melancong ke negara tetangga juga ga kalah seru dan budgetnya juga ga bikin kantong jebol. Nah kali ini aku mau share pengalaman travelingku selama 5 hari di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sebelum jalan-jalan ke Malaysia kita harus menentukan dulu mau ke daerah mana saja karena Malaysia itu punya banyak destinasi yang seru-seru seperti Penang, Malaka, Johor Bahru, Kuala Lumpur dan masih banyak lagi.

Nah kalau kamu masih bingung mau ke mana saja? Itinerary jalan-jalan 5 hari di Malaysia berikut ini mungkin bisa membantu. Itinerary ini berdasarkan pengalamanku saat liburan ke Malaysia kemarin yah, jadi kalau mau utak-atik lagi itinerarynya sesuai dengan style travelingmu itu oleh banget loh :).

Penerbangan dari Indonesia ke Malaysia terbilang murah dan mudah karena ada banyak sekali pilihan jenis pesawat dan jadwal keberangkatannya. Jadi tinggal disesuakan saja dengan budget dan pilihan maskapai favoritmu.

Kalau aku pakai Malaysia Airlines dapet diharga 1Jt. Aku pilih pesawat ini karena harganya ga jauh berbeda dengan pesawat low budget lainnya. Udah gitu sudah full service lagi, jadi lumayan deh bisa dapet meals dan seat yang lebih nyaman.

Manfaatin juga promo-promo yang ada di Traveloka, lumayan banget loh kemarin aku dapet harga EPIC Sale dapet diskon sampe 80%!

(Meals Malaysia Airline ga pernah gagal!)

SUPER NYAMAN NAIK KLIA EXPRESS

Sesampainya di Bandara Kuala Lumpur kita bisa naik beragam transportasi untuk menuju ke pusat kota. Nah kalau aku pilih naik kerta KLIA Express karena jauh lebih cepat, nyaman dan yang paling penting on time!

Untuk tiketnya bisa kita beli langsung on the spot di bandara atau lewat online juga bisa kok. Aku pribadi pesennya lewat Traveloka karena lebih mudah dan bisa dibeli dari jauh-jauh hari. Jadi kita ga perlu capek-capek ngantri beli tiket on the spot di bandara, pokoknya super simple deh! Cuss beli tiket KLIA Expressnya DI SINI ya fren!

(Naik KLIA Express anti macet-macet club)

Gak terasa 28 menit perjalanan akhirnya sampai juga di KL Sentral. Kali ini aku stay di Cozy Hotel @KL Sentral yang jaraknya hanya 10 menit saja berjalan kaki dari stasiun KL Sentral. Aku pilih hotel ini karena harganya terjangkau, lokasinya strategis dan yang paling penting bersih.

Yang mau pesen hotel kayak aku gini bisa langsung ke laman Traveloka berikut ini ya!: Cozy Hotel @KL Sentral

(Cozy Hotel yang bener-bener cozy)

KULINERAN DI KL SENTRAL

Dihari pertama ini aku tidak explore ke mana-mana karena sudah terlalu sore. Jadi aku hanya jalan-jalan disekitar hotel saja dan mencicipi beragam kuliner yang ada di sini. Di sini ada banyak makanan yang bisa kita coba loh, dari mulai Nasi Lemak, Nasi Kandar, Nasi Hainan sampai makanan khas India juga ada!.

(Mencoba beragam makanan India di Malaysia)

Untuk pertama kalinya aku makan Panipuri, salah satu makanan khas India yang sering berseliweran di beranda Tiktokku. Karena penasaran sama rasanya jadi aku beli saja deh, satu box ini harganya sekitar 50rb.

Walau aku sering lihat video jajanan India yang dijual secara tidak higienis, tapi penjual di sini bersih loh. Oleh kare itulah aku berani beli Panipuri di sini yang ternyata rasanya enak banget! Tekstur renyah kulit dicampur isian karbohidrat dan kuah hijau yang seger bener-bener bikin aku ketagihan buat makan Panipuri. Ah jadi kangen deh makan Panipuri lagi di sini hihi.

Sebetulnya tujuanku ke Malaysia kali ini ingin mencoba ke Genting SkyWorlds. Itu loh wahana theme park yang ada di dataran tinggi Malaysia. Untuk menuju ke Genting SkyWorlds kita bisa naik bus dari KL Sentral. Tapi bus ini harus pesan dari jauh-jauh hari ya supaya bisa pilih jam keberangkatan yang kita mau. Aku pesan busnya lewat EasyBook.

Aku saranin berangkatnya di pagi hari supaya lebih cepat sampai ke Genting SkyWorlds, jadi bisa puas main seharian deh. Pastikan juga kita sudah beli tiket kereta gantung Awana SkyWay dan tiket masuk ke Genting SkyWorlds.

Aku pesen lewat Traveloka karena harganya jauh lebih murah. Apalagi kalau pesan saat ada Epic Sale. Wah seneng banget deh bisa dapet harga yang miring banget!

(Beli tiket Awana SKyWay dan Genting SkyWorlds bisa lewat Traveloka)

2 jam perjalan naik bus kita akan diturunkan di terminal Genting SkyWorlds. Di terminal ini kita bisa mampir ke Food Court, Premium Outlet atau kalau mau langsung naik cable car Awana SkyWay juga bisa.

Kereta gantung Awana SkyWay ada 2 jenis, ada yang Glass FLorr alias lantai full kaca ada juga yang standar, nah aku pribadi pilih yang standar karena lebih murah tapi tetap seru kok. Pastikan kita beli tiketnya PP ya supaya nanti pas pulang ga perlu ribet beli tiket lagi.

Untuk harganya sendiri cukup terjangkau ko, cuma 35rb sekali jalan. Aku saranin beli online aja lewat Traveloka jadi kita ga perlu antri lagi buat beli tiket on the spot.

VIEW MENAKJUBKAN DARI KERETA GANTUNG AWANA SKYWAY

Aku ga pernah menyangka, ternyata pemandangan dari dalam kereta gantung Awana SkyWay bagus banget woy!. Di sepanjang perjalanan kita akan disuguhi view hutan hijau dan perbukitan yang super asri.

Sebetulnya ditengah perjalanan kita bisa mampir ke Chin Swee Station untuk melihat kuil, tetapi karena tujuanku hanya ingin main ke theme parknya jadi aku tidak turun di sini ya.

10 menit perjalanan akhirnya sampai juga di puncak Genting SkyWorld. Keluar dari Gondola kita bisa langsung melihat beragam tempat hiburan dari mulai Skytropolis Indoor Theme Park , outdoor theme park, kasino dan beragam tempat makan juga ada!

Di sini juga ada hotel terbesar diseluruh dunia loh, namanya Resort World Genting - First World Hotel. Awalnya aku ingin cobain staycation di sini supaya deket kalau mau main ke Themeparknya tapi budgetku ga cukup nih, jadi lain kali saja deh kalau sudah ada rezekinya hihi.

Untuk yang mau cobain main di Skytropolis Indoor Theme Park bisa beli tiketnya DI SINI ya.

Tapi kali ini aku hanya ingin main di theme park outdoor Genting SkyWorlds saja. Jangan lupa beli tiketnya lewat Traveloka supaya simple dan otomatis langsung dapet QR code yang bisa kita scan langsung di pintu masuk.

Untuk kamu yang bawa bocil dan ingin sewa stroller juga bisa yah, tapi untuk metode pembayarannya cahsless jadi pastikan kamu bawa kartu kredit atau debit yang sudah bisa dipakai di luar negeri.

TERNYATA GENTING SKYWORLD SESERU ITU!

Sebetulnya aku tidak terlalu suka main ke outdoor theme park karena cuacanya sering panas. Tapi berbeda dengan Theme Park di Genting SkyWorlds, wahana yang berada di dataran tinggi ini bikin suasana theme parknya jadi sejuk abnget! Bahkan seringkali turun kabut yang bikin vibes di sini jadi magical banget!

O iya sebelum ke sini jangan lupa cek prakiraan cuaca juga ya, ga asik dong sudah jauh-jauh ke Genting SKyWorld eh ternyata lagi musim hujan. Bisa beku kedinginan deh hihi.

(Sehari main di Genting SKyWorld)

Di sini ada banyak wahana permainan yang bisa kita coba. Ga hanya untuk orang dewasa, wahana untuk anak-anak juga ada banyak lo!, jadi cocok banget bawa bocil ke sini. Di jam-jam tertentu juga ada show-show yang ga boleh kita lewatin ya fren. Kita bisa cek di website Genting Skyword untuk melihat peta lokasi wahana dan waktu show yang akan dipertunjukkan.

Asli deh ga kerasa banget main seharian di sini bahkan aku ga kehausan dan kecapean sama sekali loh, mungkin gara-gara suhu di sini adem sejuk kali ya. Karena hari sudah mulai sore, aku kembali naik cable car lagi menuju terminal bus. Pastikan pulangnya jangan sampai telat ya supaya ga ketinggalan bus!

KULINERAN DI ALOR STREET FOOD

Sesampainya di KL Sentral aku langsung kembali menuju Cozy hotel untuk mengambil barang-barang yang sudah kutitipkan di resepsionis.

Dihari kedua ini aku stay di citizenM Kuala Lumpur Bukit Bintang. Aku pilih stay di sini karena hotelnya cukup unik dan dekat dari Alor Street. Aku pesan hotel ini lewat Traveloka karena ada fitur No Need To Pay Now jadi bisa bayarnya kapan-kapan aja, Don't worry No Rugi lah pokoknya.

Cuss lah pesen hotelnya DI SINI ya! :

(Hotel canggih di Bukit BIntang Malaysia)

Malam harinya aku langsung menuju ke Alor Street untuk wisata kulineran. Karena lokasinya cukup dekat jadi aku tinggal jalan kaki saja. Asli deh jajanan di sini ada banyak banget! Tapi menurutku harganya agak pricey.

Namun, aku nemu nih warung makan khas Indonesia yang harganya jauh lebih terjangkau. IniLokasinya masih disekitaran Alor Street kok.

Selepas brekfast di hotel aku langsung check out dan titip barang ke resepsionis. Selanjutnya tinggal jalan kaki 10 menit menuju titik keberangkatan bus KL Hop On Hop Off. Kita bisa beli tiketnya di sini tapi kalau mau beli online lewat Traveloka juga bisa yah. Belinya Di SINI ya kawan.

Menurutku bus Hop On Hop Off ini recommend banget karena kita bakal dianter ke berbagai destinasi wisata di sekitar Kuala Lumpur dan kita bisa bebas naik turun di mana aja yang kita mau. Untuk rutenya sendiri bisa kamu lihat pada gambar berikut ya.

(Peta rute bus Hop On Hop Off Kuala Lumpur terbaru 2024)

Kalau tujuanku kemarin yaitu ke KLCC terlebih dahulu. Tujuanku ke sini gak cuma buat foto-foto aja tapi juga mampir ke Taman KLCC yang bagus banget. Di sini ada outdoor playground yang super luas, bocilku senang banget bisa diajak ke sini.

Taman KLCC juga cukup terawat dan banyak pepohonan, jadi suasana di sini tidak terlalu panas. Jangan lupa bawa botol minum atau tumbler ya karena kita bisa isi air minum lewat tap water yang ada di taman, jadi menghemat pengeluaran deh ga perlu beli minuman ke minimarket hihi.

MELIHAT BERAGAM BIOTA LAUT DI AQUARIA KLCC

Ga jauh dari KLCC park kita bisa mampir ke Aquaria KLCC. Ini tuh semacam tempat wisata edukasi tentang hewan-hewan air. Kalau di Indonesia sejenis Jakarta Aquarium gitu lah. Menurutku tempat ini cukup recommded untuk dikunjungi apalagi buat kamu yang bawa bocil, mereka pasti seneng diajak ke sini.

Untuk tiketnya sendiri aku beli di Traveloka Experience ya. Cek DI SINI YA!

MUKBANG DURIAN DI PETALING STREET

Destinasi selanjutnya aku ke Petaling Street. Di sini ada toko Durian yang menjual beraneka macam durian dari yang harganya paling murah sampai yang paling mahal dan semuanya enak-enak!.

Berhubung aku gak bawa banyak uang cash Ringgit, jadi aku beli duriannya lewat Traveloka aja. Ga nyangka ternyata semua yang aku butuhin sudah tersedia di Traveloka Experience! Aku belinya di sini ya: DurianBB Malaysia

(Icip durian enak di Malaysia)

Berhubung hari sudah terlalu sore, aku memutuskan untuk kembali ke hotel dan mengambil barang-barang yang sudah kutitipkan di resepsionis. Selanjutnya aku pesan Grab untuk menuju ke hotel selanjutnya yaitu M Resort & Hotel Kuala Lumpur



Di hari ke-4 ini aku memutuskan untuk full staycation di hotel, oleh karena itu aku mencari hotel yang cukup bagus untuk menginap. Akhirnya pilihanku jatuh kepada M Resort & Hotel Kuala Lumpur

Asli deh, hotelnya bener-bener recommended!, Walau hotel bintang 5 tapi harganya ga bikin kantong jebol. Udah gitu fasilitas hotelnya juga lengkap! Dari mulai kolam renang, gym, spa sampai area kids playground yang super luas juga ada.

Ga ketinggalan menu breakfast di sini juga enak-enak! pokoknya kalo ke sini wajib cobain sama breakfastnya juga ya! Cuss pesen hotelnya DI SINI!.

Usai staycation di M Resort & Hotel, aku langsung menuju ke hotel berikutnya yang berada di sekitar Bukit Bintang. Kali ini aku pilih hotel budget dengan harga 200rb tapi kamarnya super nyaman dan bersih. Hotel ini juga dekat dengan Berjaya Times Square, jadi aku memutuskan untuk main juga ke mall ini karena ada indoor theme park yang super seru.

(Beli tiket Berjaya Times Square lewat Traveloka juga ya fren)

Ga nyesel main ke sini karena ada banyak permainan yang bisa kita coba. Wajib banget buat cobain roller coasternya karena emang seseru itu! Fix deh kalau ke Malaysia lagi aku bakal main ke sini lagi hihi. Aku beli tiketnya DI SINI ya fren

Aku juga cobain masuk ke rumah salju ala-ala Disney Frozen gitu. Sibocil seneng banget diajak ke sini karena ada banyak permainan yang kids friendly. Sampai gak kerasa hari sudah mulai malam dan theme parknya sudah mulai tutup.

Aku juga harus cepat-cepat kembali ke hotel untuk beristirahat karena jam 4 pagi aku sudah harus ke bandara KLIA untuk kembali ke Indonesia.

Untuk transportasi menuju bandara KLIA aku menggunakan mobil yang aku pesen lewat fitur airport transfer di Traveloka. Aku gak pakai kereta KLIA Express karena jam 4 pagi keretanya masih belum beroperasi. Tapi berhubung aku berangkatnya subuh-subuh, jadi aku tidak mengalami kemacetan dan tidak terkendala satu apa pun.

Alhamdulillah aku bisa sampai bandara dengan selamat dan masuk ke dalam pesawat on time.

Perjalanan 5 hari keliling Kuala Lumpur bener-bener puas banget!, Next, aku mau cobain juga jalan-jalan ke berbagai destinasi seru lainnya yang ada di Malaysia. Tungguin cerita travelingku selanjutnya ya!.

Nah, kalau kamu mau jalan-jalan kaya aku juga mending ikutan Traveloka Affiliate deh, lumayan banget komisinya bisa kita pakai buat modal jalan-jalan selanjutnya. Daftar di sini ya fren.

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search